Kamis, 05 April 2018

PERJUANGAN PAHLAWAN DALAM MERAIH KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA PPKn KELAS VIII lengkap


A.   PERLAWANAN RAKYAT MALUKU
A.masa perjuangan di pimpin oleh kapitan pattimura tahun 1589-160
B.belanda
C.pada massa penjajahan belanda maluku menyerang pasukan belanda yg di pimpin oleh kapitan pattimura tetapi perjuangan itu gagal dan pattimura di tembak mati oleh belanda
B.   PERLAWANAN KAUM PADRI
Ringkasan Perlawanan kaum Padri
a .Masa perjuangan dimulai pada tahun 1821-1837 
b. Perjuangan melawan pasukan Belanda yg menjajah bumi pertiwi
c. Ringkasan perjuangan
- Dikenal dengan perang paderi karena perselisihan antara kaum adat dan kaum ulama
- Perselisihan ini dimanfaatkan Belanda dengan politik adu domba sehingga terjadi perang saudara
- Belanda menggunakan siasat benteng yaitu membangun benteng Fort de Kock yang menyimbolkan telah dikuasainya daerah itu
- Kaum adat akhirnya bersatu dengan kaum ulama melawan Belanda
- Persatuan ini membuat Belanda akhirnya mengeluarkan pernyataan yang disebut Plakat panjang dengan isi:
1.Tanam paksa dengan kerja paksa bagi rakyat Minangkabau
2.Kepala Kepala daerah akan digaji
3.Belanda bertindak penengah
- Dibawah pimpinan Letnan kolonel Michiels Belanda menyerang dan menaklukkan Bonjol dengan ditangkapnya Imam Bonjol diasingkan ke Cianjur yg kemudian dipindah ke Ambon kemudian diasingkan lagi ke Manado
- Imam Bonjol wafat dan dimakamkan di Pinelang,Manado


C.   PERLAWANAN PANGERAN DIPONEGORO
A. 1825-1830
b. Belanda
c. Pertempuran pertama meletus pada tgl 20 Juli 1825 di tegalrejo. Setelah pertempuran di tegalrejo, pangeran diponegoro dan pasukannya menyingkir ke Dekso. Ada pertempuran 2 kali tahun 1825-1825 , saat itu pasukan belanda banyak yang terdesak. Akhirnya belanda menggunakan usaha tipu daya untuk menang,akibatnya banyak pemimpin seperti pangeran suryamataram dan ario pangwadono tertangkap. Di ponegoro terjadi perundingan pada tgl 28 Maret 1830 dengan Jenderal De Kock. Pangeran diponegoro ditangkap ketika perundingan gagal. Pangeran diponegori kemudian dibawa ke Batavia , setelah itu dipindahkan kr Manado tahun 1834 , dan akhrinya ia wafat di Makassar 8 Januari 1855
D.   PERLAWANAN RAKYAT SULAWESI
a. Masa perjuangan rakyat Sulawesi Selatan berlangsung pada tahun 1829 hingga tahun 1907.
b. Perlawanan rakyat Sulawesi Selatan menghadapi Belanda.
c. Berikut ringkasan perjuangan perlawanan rakyat Sulawesi Selatan
Perlawanan ini disebabkan karena hanya Kerajaan Gowa yang mau mengakui kekuasaan Belanda, sedangkan Kerajaan Soppeng dan Wajo tidak. Hal ini menyebabkan Belanda mengundang raja-raja Sulawesi Selatan untuk meninjau kembali Perjanjian Bongaya yang tidak sesuai lagi dengan sistem pemerintahan imperialisme Belanda.
Kurang diterimanya Belanda membuat Belanda menyerang Tanette serta Kerajaan Suppa dan berhasil menguasainya. Hal ini menyebabkan perlawanan dari masyarakat Bone yang kala itu dapat menghancurkan pos-pos Belanda di Pangkajene, Labakang, dan merebut kembali Tanette sehingga kekuasaan Bone makin kuat.
Akibat perlawanan dari rakyat Sulawesi Selatan, kedudukan Belanda di Makassar makin lemah yang kemudian mendapat bantuan pasukan dari pemerintah kolonial Belanda di Batavia di bawah pimpinan Jenderal Mayor van Geen. Pada tanggal 5 Februari 1825, van Geen menyerang pusat-pusat pertahanan pasukan Bone, terutama Bulukamba, Suppa, Segeri, Labakang, dan Pangkajene serta berhasil membuat Raja Tanette berbalik memihak Belanda yang otomatis melemahkan Bone.
Pertempuran terus berkobar dan pasukan Bone bertahan mati-matian karena kalah dalam persenjataan membuat benteng Bone dapat dikuasai oleh Belanda. Dengan jatuhnya Bone, perlawanan rakyat makin melemah, tetapi pertempuran-pertempuran kecil masih terus berlangsung hingga awal abad ke-20.
E.    PERLAWANAN RAKYAT KALIMANTAN
A. Masa perjuangan:1859-1905
b. Perjuangan melawan:Belanda
c. Ringkasan perjuangan: perjuanga berlangsung tahun 1859 melawan belanda dan dipimpin oleh pangeran Antasari , di Kalimantan Selatan. Perjuangan ini dikenal dengan Perang Banjar dan berakhir tahun 1905.
F.    PERLAWANAN RAKYAT ACEH
A. Masa perjuangan : 1873-1904
B. Perjuangan melawan : Pemerintahan Hindia Belanda
C. Ringkasan perjuangan : Dibawah pimpinan Mayor Jenderal Kohler, Belanda mendahului menyerang Aceh pada 1873 dan  Belanda berhasil dipukul mundul, dengan Kohler yang diketahui telah tewas. Pada akhir tahun 1873, di bawah pimpinan Mayor Jenderal Van Swieten Belanda melakukan serangan lagi dengan kekutan 8.000 orang tentara. Pada akhirnya Belanda berhasil menduduki istana kesultanan pada 1874. Sultan dan para tokoh yang meninggalkan istana terus melakukan perlawanan di luar kota.
Pada 28 Januari 1874, Sultan Mahmud Syah wafat lalu digantikan oleh putranya yaitu Muhammad Daud Syah.
G.   PERLAWANAN RAKYAT TANAH BATAK
A) Sisingamangaraja X Dan Sisingamangaraja XII (terjadi dari tahun 1878-1907)
B) Perlawanan Melawan Belanda
 C) Bermula dari Penyerang Hindia Belanda Ke daerah di Sumatera Utara yang mengakibatkan Sisingamangaraja X Gugur dalam Peperangan dan perluasan agama Kristen di daerah Batak  Hal ini dianggap Berbahaya dan
Sisingamangaraja XII mulai melancarkan serangan ke pos - pos belanda Pertempuranpun Meluas Hingga Ke Seluruh Sumatra Utara
Pada Akhirnya Kekuasaan Belanda yang semakin luas dan kekuasaan Sisingamangaraja XII yang semakin kecil dan jumlah pasukan yang tidak memadai lalu Sisingamangaraja XII meluncurkan serangan di Dairi dan Sisingamangaraja XII Gugur dalam Pertempuran tersebut



H.   PERLAWANAN RAKYAT BALI
a) masa perjuangan : 1846 - 19 April 1849
b) perjuangan melawan : Belanda
c) ringkasan perjuangan:
Awal dari terjadinya perang Bali adalah perjanjian pihak Belanda dengan Kerajaan Buleleng pada tahun 1843 yang isinya Kerajaan Buleleng akan membantu Belanda jika kapalnya terdampar di wilayah Buleleng. Perjanjian ini dibuat karena adanya Hak Tawan Karang yang dimiliki raja-raja Bali, yaitu hak yang diberikan kepada kepala desa untuk menawan perahu atau kapal-kapal beserta isinya yang terdampar di wilayah Kerajaan Buleleng. Pada tahun 1844 terjadi perampasan kapal-kapal Belanda di Pantai Prancah dan Sangsit. Belanda menagih perjanjian 1843, tetapi Kerajaan Buleleng menolaknya. Dan ini dijadikan alasan untuk menyerang Kerajaan Buleleng dan menguasai Bali Utara.
Belanda menyerang Kerajaan Buleleng sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1846, 7 Juni 1848 dan 19 April 1849. Perang Bali yang dipimpin oleh I Gusti Ketut Jelatik dan istrinya, Jero Jempiring, berhasil menggagalkan serangan Belanda yang pertama dan kedua. Pada serangan Belanda yang ketiga, yang dipimpin oleh Jenderal Andreas Victor Michiels, Belanda mengerahkan serangan penuh untuk menyerang Benteng Jagaraga. Hal ini menyebabkan I Gusti Ketut Jelatik dan pasukannya mengambil keputusan untuk melakukan perang puputan, yaitu perang hingga tetes darah penghabisan. Akhirnya Benteng Jagaraga dapat dikuasai Belanda dan I Gusti Ketut Jelatik dan istrinya, Jero Jempiring tewas pada serangan ini. Sejak inilah Belanda berhasil menguasai Bali Utara.
I.       SUMPAH PEMUDA
Sumpah Pemuda merupakan salah satu dari dua tonggak utama yang menandai lahirnya pergerakan kemerdekaan Indonesia. Berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 dan Sumpah Pemuda pada 1928 menjadi awal kebangkitan nasional dimana kesadaran rakyat sebagai orang Indonesia mulai tumbuh. Boedi Oetomo dan Sumpah Pemuda sendiri merupakan dampak dari politik etis yang dipelopori dan diperjuangkan Douwes Dekker atau Multatuli.
Sumpah Pemuda merupakan ikrar yang menegaskan cita cita berdirinya Negara Indonesia. Ikrar ini sebenarnya merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang diadakan di Batavia oktober tahun 1928 selama 2 hari yakni tanggal 27 hingga 28 oktober.
Adapun susunan kepanitiaan pada Kongres Pemuda II tersebut adalah:
 Sugondo Djojopuspito perwakilan dari PPPI sebagai ketua kongres.
 RM Joko Marsaid perwakilan Jong Java sebagai wakil ketua kongres.
 Muhammad Yamin perwakilan dari Jong Soematranen Bond sebagai sekretaris.
 Amir Sjarifudin perwakilan Jong Bataks Bond sebagai bendahara.
 Johan Mohammad Cai perwakilan Jong Islamieten Bond sebagai pembantu I.
 R. Katjasoengkana perwakilan Pemoeda Indonesia sebagai pembantu II.
 R.C.I Sendoek perwakilan dari Jong Celebes sebagai pembantu III.
 Johannes Leimana perwakilan Jong Ambon sebagai pembantu IV.
 Moh. Rochjani Su’ud perwakilan Pemoeda Kaoem Betawi sebagai pembantu V.
Kongres Pemuda II dilaksanakan dalam 3 rapat, berturut-turut di gedung KatholiekeJongenlingen Bond (KJB), gedung Oost-Java Bioscoop dan rapat penutup di gedung Indonesische Clubgebouw. Lagu Indonesia Raya dilantunkan pada acara penutupan namun tanpa syair, hanya diminkan dengan biola oleh WR Supratman. Lagu tersebut disambut baik oleh pemuda. 
Kemudian kongres Pemuda II ini ditutup dengan mengumumkan hasil kongres yang ditulis oleh Moh. Yamin yang awalnya dibacakan oleh Soegondo lalu kemudian dijelaskan secara rinci oleh Moh. Yamin.
Rumusan hasil Kongres Pemuda II tersebut saat itu disebut Sumpah Setia. Adapun isinya dalam ejaan yang belum disempurnakan sebagai berikut:
Pertama: “Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.”
Kedoea: “Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.”
Ketiga: “Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”
J.      BPUPKI
Pembentukan BPUPKI bermula ketika pada tahun 1944, posisi Jepang dalam Perang Asia Pasifik mulai terdesak dimana berbagai pulau di sekitar Papua telah jatuh ke tangan Sekutu. Akibat serbuan yang dilakukan Sekutu melalui serangan udara ke kota-kota di wilayah Indonesia, seperti Ambon, Makassar, Manado, dan Surabaya menyebabkan pertahanan Jepang menjadi rapuh dan bayangan kekalahan makin nyata.
Adapun berdasarkan kondisi tersebut, Jepang masih berusaha menarik simpati rakyat Indonesia dimana melalui Perdana Menteri Kuniaki Kaiso, Jepang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia di kemudian hari.
Untuk meyakinkan janjinya, pada tanggal 1 Maret 1945 pemerintah militer Jepang di Jawa di bawah pimpinan Saiko Syikikan Kumakici Harada membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai.
Adapun yang ditunjuk sebagai ketua BPUPKI ialah dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat dan dibantu oleh dua orang ketua muda, yaitu seorang Jepang (Syucokan Cirebon) dan R. P. Suroso serta diangkat pula sebagai Kepala Sekretariat BPUPKI yang dibantu oleh Toyohiko Masuda dan Mr. A. G. Pringgodigdo. BPUPKI beranggotakan 60 orang ditambah 7 orang.
Pelantikan anggota BPUPKI dilakukan pada tanggal 28 Mei 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Jepang (Tenno Heika). Pelantikan dihadiri oleh seluruh anggota BPUPKI dan dua pembesar Jepang, yaitu Jenderal Itagaki dan Jenderal Yaiciro Nagano.
K.   PROKLAMASI KEMERDEKAAN
Jepang menyerah kepada sekutu karena kota nagasaki dan hiroshima di bom oleh sekutu. mendengar berita itu , para golongan muda segera memaksa soekarno hatta untuk segera memproklamasikan indonesiaa,tetapi ada perbedaan pendapat dari golongan tua.akhirnya terjadilah peristiwa rengasdengklok. ahmad soebarjo datang ke rengasdengklok untuk menjemput soekarno. dirumah laksamana maeda diadakan sidang ppki dan perumusan teks proklamasi. akhirnya diputuskan proklamasi indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 agustus 1945 pagi hari di rumah soekarno, jalan pegangsaan timur no. 56
L.    PPKI
Pada tanggal 7 agustus 1945 BPUPKI dibubarkan sebagai gantinya jepang membentuk PPKI , 7 Agustus Jenderal Terauchi menyetujui pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (Dokuritsu Junbi Inkai) yang bertanggung jawab melanjutkan pekerjaan BPUPKI dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan karena akan diadakannya pemindahan kekuasaan dari Jepang kepada bangsa Indonesia. secara resmi anggota PPKI ada 21 orang.

21 komentar:

  1. Jawabanya mudah dimengerti singkat padat dan jelas terimakasih

    BalasHapus
  2. sama-sama sukses untuk kalian :)

    BalasHapus
  3. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan mater agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

    Juga Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man untuk beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga sedunia.

    https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
    link zeusbola


    Ayo gabung sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  4. PROMO NEW MEMBER 15%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di http://104.248.148.252/.

    Yang Merupakan Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man buat beroperasi juga sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://dewazeus.site/deposit-via-pulsa/
    https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
    livechat zeusbola

    Ayo join sekarang di dewazeus.site

    BalasHapus
  5. DEPOSIT BISA VIA OVO!

    Delegasi Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan pada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online guna anda di perizinan judi online yg berkedudukan International, jadi dan terpercaya hanya di poker deposit pulsa.

    Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.site/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.site/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    bonus deposit sabung ayam s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    livechat zeusbola
    zeusbola livechat

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  6. DEPOSIT BISA VIA PULSA!

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di perutusan judi online yg berkelas International, valid dan terpercaya hanya di judi via pulsa.

    Sebagai Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.pw/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.pw/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    promo s128

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link alternatif zeusbola
    login zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  7. Makasih banyak kak🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  8. Bampuki deng ngoni² pe pendo kuda cuki deng ngoni

    BalasHapus