Jumat, 07 Desember 2018

ALAT PEMADAM API RINGAN APAR PORTABLE


ALAT PEMADAM API RINGAN APAR  PORTABLE
Jenis Alat Pemadam Api Ringan ini terdiri dari jenis APAR Powder serta terdapat juga jenis isi bahan pemadam lainnya selain Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering) seperti Carbondioxide atau CO2, Foam atau Busa, Liquid Gas atau Gas Cair yang umum digunakan oleh pengguna.
Ada Empat  Nama Alat Pemadam Api Ringan APAR Yang Sering di kenalseperti :
1.      APAR FOAM
2.      APAR DRY CHEMICAL POWDER
3.      APAR CO2
4.      APAR  Clean Agen AF 11 Dan AF 36
Berikut Kejelasanya Kelas api 
APAR FOAM
·         Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
·         Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
·         Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)
APAR DRY CHEMICAL POWDER
·         Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
·         Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
·         Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
·         Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)
APAR Carbon dioksida CO2
·         Kelas Kebakaran B – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
·         Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
·         Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)
·         Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)
·         Kelas Kebakaran A – Benda Padat (Kain, Kayu, Kertas)
APAR Alat Pemadam Kebakaran AF 11 Api Hallon Free Clean Agent 
·         Kelas Kebakaran a – Benda Cair (Minyak, Bensin, Solar)
·         Kelas Kebakaran C – Benda Gas (Elpiji, Tinner)
·         Kelas Kebakaran D – Logam (Magnesium, Misiu)
·         Kelas Kebakaran E – Electrikal (Dinamo, Motor Listrik)
Ketentuan kelas api :
·         Kelas A dan B : Maka yang dipilih adalah Jenis Foam Liquid (Busa Cair)
·         Kelas B dan C : Maka yang dipilih adalah Jenis CO2 (Carbondioxide)
·         Kelas A, B dan C : Maka yang dipilih adalah Jenis Dry Chemical Powder (Bubuk Kimia Kering)
·         Kelas A, B, C, D dan E : Maka yang dipilih adalah Jenis Liquid Gas (Non Halon Non CFC).
Fungsi  
·         Untuk Ruangan Kantor menggunakan Alat Pemadam Api  Ringan  ukuran 3 kg - 6 kg Type Dry Chemical Powder.
·         Untuk Ruangan Koridor menggunakan Alat Pemadam Api Ringan  ukuran 4 kg - 6 kg Type Dry Chemical Powder.
·         Untuk Ruangan Gudang Kecil menggunakan Alat Pemadam Api Ringan  ukuran 6 kg - 9 kg Type Dry Chemical Powder.
·         Untuk setiap 200 m2 ruang terbuka disediakan 1 unit apar
·         Untuk Alat Pemadam Api Ringan  type Dry Chemical Powder ukuran 3,5 kg atau 3 kg dengan jarak antara setiap unit maksimum 20 meter.
·         Untuk ruang yang dilengkapi dengan pembagi / pembatas ruang, disediakan 1 unit apar
·         Untuk Ruangan KAntor Alat pemadam api ringan  type Dry Chemical Powder 3,5 kg atau 3 kg tanpa memperhatikan luas ruang.
·         Untuk daerah/ruang mekanikal-elektrikal berskala kecil disediakan 1 unit apar
·         Untuk Alat Pemadam api ringan  type A Dry Chemical Powder 3,5 kg atau 3 kg dan 1 unit apar type B CO2 ukuran 3,2 sampai 6,8 kg.
·         Untuk daerah/ruang mekanikal-elektrikal berskala besar disediakan 1 unit apar alat pemadam api ringan  
·         type A Dry Chemical Powder 3,5 kg atau 3 kg dan 1 unit apar type B CO2 ukuran 6,8 kg dan Type C Dry Chemical Powder Jenis Roda 25 kg.
KLASIFIKASI KELAS API 
Bagaimana Cara Memilih Jenis Isi APAR Media Alat Pemadam Kebakaran ?
Cara memilih Jenis Isi Media Pemadam Kebakaran adalah dengan cara mengidentifikasi material yang ada di ruangan dimana direncanakan akan menempatkan Tabung Pemadam Kebakaran dengan terlebih dahulu memahami ketentuan klasifikasi kelas api yang berlaku di Indonesia. (Infografis disamping adalah Klasifikasi Kelas Api yang berlaku di Amerika Serikat).
Fungsi Alat Pemadam Api Ringan Klasifikasi Kelas Api 
·         Kelas A : Untuk memadamkan api dari bahan Kertas, Kayu, Plastik, Kain
·         Kelas B : Untuk memadamkan api dari bahan Minyak, Solar, Bensin, Gas.
·         Kelas C : Untuk memadamkan api dari bahan Elektronik, Listrik, Panel.
·         Kelas D : Untuk memadamkan api dari bahan Metal.
·         Kelas k: Untuk Memadam kan api dari bahan magnesiu titaium, metal dll
Inilah 4 Cara Cerdas Memilih Media Isi Pemadam Anda :
1.      Bila material yang ada di ruangan didominasi oleh Kertas, Kayu, Plastik, (itu artinya Klasifikasi Api Kelas A) maka yang dipilih adalah Jenis Dry Chemical Powder atau biasa disebut Bubuk Kimia Kering.
2.      Bila material yang ada di ruangan didominasi oleh Minyak, Solar, Bensin, Gas (itu artinya Klasifikasi Api Kelas B) maka yang dipilih adalah Jenis Foam Liquid (dulu sering dipakai Foam AB tapi sudah jarang dipakai) atau biasa disebut Busa cair.
3.      Bila material yang ada di ruangan didominasi oleh Peralatan Elektronik, Listrik, Server, Komputer, (itu artinya Klasifikasi Api Kelas C) maka yang dipilih adalah Jenis Carbondioxide atau biasa disebut CO2.
4.      Bila material yang ada di ruangan didominasi oleh Peralatan Metal (itu artinya Kelas D), maka yang dipilih adalah Jenis Liquid Gas.

Materi alat pemadam api ringan

1. MATERI PENGERTIAN ALAT PEMADAM API RINGAN
MATERI ALAT PEMADAM API RINGAN APAR Alat Pemadam Kebakaran Layanan Efeftif Terbaik Untuk Mengawasi, Melindungi, Menjaga Dan Melayani, Di Lokasi Anda Yang Kira- Kiranya Area,Tempat, Anda, yang Rentan Dari Bahaya Kebakaran Api, Dan Cocok Sekali Untuk PadamKan Berbagai Jenis Alat Pemadam Api Ringan, Kebakaran Api Ringan, Dan Pastinya Di Awal Kebakaran, Perangkat Lunak Alat Pemadam Ini  Bisa Dengan Cepat Padam Kan Di semua Jenis Sumber Awal Kebakaran Api ,Dan Berbagai Macam Alat Kebakaran, Kami Sudah  Menyiap Kan Berbagai Jenis Alat Pemadam Kebakaran Untuk Anda Tinggal  Sesuaikan Dengan  Ukuran Besar Kecil Nya Tempat Area Yang Anda Punya, Atau Tempat Rutinitas Anda Melakukan Aktifitas Untuk Menjaga Dari Bahaya Bencana Yang Rawan Timbul Nya kebakaran Api, Di Sekitar Area, Lokasi, Tempat Anda Melakukan Kerja  Aktifitas Sehari-hari Karena Lebih Baik Ada Tabung Pemadam Kebakaran Yang Kita Persiap Kan Dengan Cara Menggantung Kan Di dinding Atau Anda Tempat Kan Yang Mudah Untuk Langsung Bisa Cepat Di Ambil Di Saat Ada nya Kebakaran,  Masalah Nya Jauh Lebih Besar Di Banding Kan Aset-Aset Terbesar Anda, Di Banding Kan Harga Alat Pemadam Kebakaran, Fitur Baru Alat Pemadam Kebakaran Telah Tersedia Memungkin Kan Anda Menyesuiakan-

MATERI ALAT PEMADAM API RINGAN 

Alat Pemadam Api Ringan APAR Tabung Pemadam Kebakaran Memberikan Lisensi Yang Bersifat  Menjaga Bahan-Bahan ,Aset -Aset, Barang- Barang Atau Area Lokasi Yang Rentan Dengan Datang Nya Sumber Api Yang Kita Tidak Menduga Sebelum Nya Karena Kebakaran Biasa Terjadi  Kapan Saja Di Mana Saja Bisa Karena Kebocoran,Tabung LPG,Bisa Dengan Kebakaran Kertas,Kardus,Bisa Juga Terbakar Karena Bekas Spiritus ,Tinener, Bensin, Solar, Alkohol, Konsleting Listrik Tegangan Panel Gardu Yang Terus Memanas, Ruang KAbel Server YAng Eroor, Dan Lain Sebagainya ...
Berlaku Diseluruh Indonesia Bahkan Seluruh Dunia ,Dan Sudah Banyak Contoh Kebakaran Yang Sudah Terjadi Yang Sering Kita Lihat Bahkan Merenggut Banyak Korban Jiwa, Maka Dari Itu Lebih Baik Kita Persiap Kan Sebelum Nya Tabung Pemadam Kebakaran Untuk Memudah Kan Memadam Kan Api Di Awal Kebakaran Terjadi, Lisensi Ini Hanya Agar Anda Dapat Mempersiap Kan Menggunakan Layanan Tabung Pemadam Kebakaran Dengan Cara Yang Di izin Kan Berdasarkan Persyaratan  Lulus Uji Dinas Pemadam Kebakaran/ Damkar- Layanan Perangkat Lunak Tabung Pemadam Kebakaran Terdiri Dari, Lihat Selengkap Nya Di Sini...
Perangkat Lunak Alat Pemadam Api Ringan APAR Penting Bagi Anda  Untuk Mempersiap Kan Dari Bahaya Dan Rawan Kebakaran Yang Bisa Merugikan Anda Juataan Rupiah Bahkan Ratusan Juta Dari Nilaai Aset-Aset Perusahaan Anda, Perangkat Lunak Tabung Pemadam Kebakaran Yang Kami Tawar Kan Cukup Mudah Untuk Langsung Di apaki Atau Di Gunakan Cara Penggunaan  Cukup Mudah Gampang Simak Persyaratan Ini Secara Jelas.
CARA MENGGUNAKAN ALAT  PEMADAM API RINGAN APAR
Walaupun berbeda bentuk dan ukuran, namun berbagai merk Alat Pemadam Api Ringan umumnya memiliki cara kerja yang hampir sama :Di dalam bahasa inggris terdapat singkatan untuk memudahkan kita mengingat cara menggunakan alat pemadam api ringan, yaitu :
P.A.S.S
Pull atau Tarik Pin hingga segel putus atau terlepas.
Pin berada diatas Tabung A.P.A.R (Alat Pemadam Api), Pin juga berfungsi sebagai pengaman, handle atau pegangan dari penekanan Alat Pemadam Api yang tidak disengaja.
·         Arahkan nozzle/Aim atau ujung hose Alat Pemadam Api yang kita pegang ke arah pusat api.
·         Squeeze atau Tekan handle atau Pegangan Untuk mengeluarkan/menyemprotkan isi tabung. Pada beberapa merk handle penyemprot terletak Dibagian ujung hose.
·         Sapukan nozzle/Sweep yang kita pegang ke arah Kiri dan Kanan api, agar media yang disemprotkan merata mengenai api yang sedang terbakar
Perlu diingat setiap jenis alat pemadam api ringan memiliki kemampuan jangkauan yang berbeda, disamping itu perhatikan arah angin sebelum kita mulai menyemprotkan isi tabung pemadam api ringan. Jangan sampai posisi kita berdiri berlawanan dengan arah angin, karena akan mebahayakan diri kita sendiri. Sebaiknya kita berdiri diposisi membelakangi arah angin selain untuk menghindari tiupan hawa panas juga menghindarkan kita dari media yg kita semprotkan kembali kearah kita.
CARA PEMILIHAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)
Sebaiknya memilih Alat Pemadam Api Ringan APAR yang memiliki penunjuk pressure tekanan dalam tabung, sehingga dapat dilihat masih fungsi atau tidaknya tabung pemadam api tersebut.Memilih tabung seamless (Tanpa Las), sehingga mengurangi bahaya kebocoran pada tabung pemadam api.Telah diuji kelayakannya oleh Dinas PMK Laboratories. Sebaiknya memilih atau membeli tabung pemadam api yang bergaransi.
CARA PERAWATAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR)
Dilakukan pengecekan berkala per-6 bulan. Untuk menghindari pembekuan media pada tabung pemadam api, harap dilakukan 1 kali pembolak-balikan tabung per-bulan.Dilakukan pengecekan tekanan dalam tabung dengan mengecek pressure/indikator yang berada pada tabung pemadam api.Dilakukan pengecekan selang pada tabung pemadam api.Dilakukan pembersihan tabung untuk menghindari karat dan korosi.
Alat Pemadam Api Ringan ( APAR ) harus ditempatkan di tempat-tempat yang memenuhi syarat sebagai berikut :
CARA PENEMPATAN ALAT PEMADAM API RINGAN APAR
1.      Setiap Jarak 20 meter.
2.      Ditempat yang mudah di jangkau dan dilihat
3.      Pada jalur keluar arah refleks pelarian.
4.      Memperlihatkan suhu sekitarnya.
5.      Tidak terkunci.
6.      Memperhatikan jenis dan sifat bahan yang dapat terbakar.
7.      Intensitas kebakaran yang mungkin terjadi  seperti jumlah bahan bakar, ukurannya, kecepatan menjalarnya.
8.      Orang yang akan menggunakannya.
9.      Kemungkinan yang mungkin timbulnya reaksi kimia.
10.  Efek terhadap keselamatan dan kesehatan orang yang menggunakannya.
1. Alat pemadam kebakaran Dry Chemical Powder
jenis  apar alat pemadam api ringan  Alat Pemadam Kebakaran Api Serbuk kimia Kering, yang dapat mencegah kebakaran kelas A, B, C yang artinya mampu mengatasi kebakaran yang lebih besar dengan penyebab kebakaran apapun, baik itu karena benda padat, cairan kimia ataupun korsleting listrik. Hanya saja, penggunaan bahan dry chemical powder memiliki kelemahan, yaitu meninggalkan sisa atau bekas yang dapat merusak alat elektronik. alat pemadam kebakaran Api, jenis  apar alat pemadam api ringan APAR Jenis Serbuk Kimia atau Dry Chemical Powder Fire Extinguisher terdiri dari serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari Mono-amonium dan ammonium sulphate. Serbuk kering Kimia yang dikeluarkan akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga memisahkan Oksigen yang merupakan unsur penting terjadinya kebakaran api . alat pemadam kebakaran api APAR Jenis Dry Chemical Powder ini merupakan Alat pemadam api yang serbaguna karena efektif untuk memadamkan kebakaran di hampir semua kelas kebakaran seperti Kelas A, B dan C. Kebakaran Kelas A Kebakaran Kelas A merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Plastik, Kain, Kayu, Karet dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran
2.Alat Pemadam Kebakaran Kelas A adalah APAR jenis Busa (Foam)
dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder). Kebakaran Kelas B Kebakaran Kelas B merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Solvent, Methanol dan lain sebagainya.Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas B adalah APAR jenis Karbon Diokside (CO2), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder). Kebakaran Kelas C Kebakaran Kelas C merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas C adalah APAR jenis Karbon Diokside (CO2) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).
3. Alat Pemadam kebakaran Carbon Dioxide Co2,
​jenis  apar alat pemadam api ringan  Alat Pemadam Kebakaran Api dapat mencegah kelas B dan C yang artinya mampu mengatasi kebakaran yang lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik. Carbon dioxice Co2 tidak meninggalkan sisa atau residu sehingga tidak akan merusak alat elektronik. Kebakaran akibat korsleting listrik ini perlu diwaspadai karena paling sering terjadi dalam kurun waktu tahun 2010—2014, yakni mendominasi 53% dari total kasus kebakaran. Kebakaran Kelas B Kebakaran Kelas B merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Solvent, Methanol dan lain sebagainya. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran 
Kelas B adalah APAR jenis Karbon Diokside (CO2), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder). Kebakaran Kelas C Kebakaran Kelas C merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas C adalah APAR jenis  apar alat pemadam api ringan 
jenis Karbon Diokside (CO2) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder). APAR Jenis Karbon Dioksida (CO2) adalah Jenis APAR yang menggunakan bahan Karbon Dioksida (Carbon Dioxide / CO2) sebagai bahan pemadamnya. APAR Karbon Dioksida sangat cocok untuk Kebakaran Kelas B (bahan cair yang mudah terbakar) dan Kelas C (Instalasi Listrik yang bertegangan). Jenis-jenis atau Kelas-kelas Kebakaran Kita perlu mengetahui kelas-kelas kebakaran atau penyebab terjadinya api supaya jenis APAR yang dipergunakan efektif dalam mengendalikan kebakaran tersebut.
4. Alat pemadam kebakaran Foam ligiud
jenis  apar alat pemadam api ringan  Alat Pemadam Kebakaran Api Cairan Busa, dapat mencegah kelas kebakaran A dan B yang artinya mampu mengatasi kebakaran lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh kompor gas meledak (LPG, LNG) dan cairan kimia lain seperti bensin, solar, dan alkohol. Selain itu, APAR berisi foam liguid juga sesuai untuk memadamkan kebakaran benda padat seperti kayu, kertas, dan kain. Perlu diingat bahwa APAR berisi foam liguid tidak boleh digunakan untuk memadamkan kebakaran akibat korsleting listrik karena bersifat foam liguid menghantarkan listrikk APAR Jenis foam liguid ini adalah
Jenis APAR yang terdiri dari bahan kimia yang dapat membentuk busa. Busa liguid (Foam Liquid ) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga Oksigen tidak dapat masuk untuk proses kebakaran. Alat Pemadam Api Ringan APAR Jenis gas foam liguid ini efektif untuk memadamkan api yang ditimbulkan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Kain, Karet dan lain sebagainya (Kebakaran Kelas A) serta kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak, Alkohol, Solvent dan lain sebagainya (Kebakaran Jenis B). Kebakaran Kelas A Kebakaran Kelas A merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan padat non-logam seperti Kertas, Plastik, Kain, Kayu, Karet dan lain sebagainya.
Kelas A adalah APAR jenis Cairan (foam liguid ), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder). Kebakaran Kelas K merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh minyak masak (minyak sayur, minyak hewan) ataupun lemak yang biasanya dipergunakan dalam dapur masak. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan Kebakaran Kelas K adalah APAR jenis Busa (Foam) setara dengan C02 APAR jenis Karbon Diokside (CO2).
4.  Jenis apar alat pemadam api ringan Alat pemadam kebakaran Hallon Free / Pengganti Hallon,
Alat Pemadam Kebakaran Api dapat mencegah kelas kebakaran A B C yang artinya sama seperti alat pemadam kebakaran Dry Chemical Powder mampu mengatasi segala jenis kebakaran / kelas kebakaran lebih besar apabila kebakaran itu disebabkan oleh apapun. Keunggulan alat pemadam kebakaran hallon free yaitu tidak meninggalkan sisa atau residu pada saat digunakan / bersih pada saat digunakan, tidak menghantarkan listrik serta tidak merusak peralatan elektronik. Jenis-jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) – Alat Pemadam Api Ringan (Fire Extinguisher) yang biasanya disingkat dengan APAR adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil.
Alat Pemadam Kebakaran Api Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap Perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan asset perusahaannya. Pelembab halogen atau Clean Agent termasuk agen halo-halon agen. bahan  pemadam kebakaran api dengan menginterupsi reaksi kimia segitiga api.Alat pemadam bersih terutama untuk kebakaran Kelas B & C. Beberapa alat pemadam bersih yang lebih besar dapat digunakan pada kebakaran Kelas A, B, dan C. CLEAN AGENT AF11 adalah bahan kimia pemadam kebakaran yang bersih, campuran campuran diklorotrifluroetana, (HCFC 123) dan merek dagang Clean Agent Af11 yang memperbaiki sifat pemadam kebakaran HCFC 123 dan toksisitasnya untuk aplikasi di dalam ruangan.jenis  apar alat pemadam api ringan 
jenis  apar alat pemadam api ringan Keuntungan dari Clean Agent AF11  bahan kimia pemadam api penguapan cair itu setara dengan tindakan Halon yang susah di adopsi menjadi Halon free, Clean Agen AF 11 namun tanpa masalah lingkungan atau toksisitas yang terkait dengan Halons. Dari semua alternatif Halokarbon ke Halon Free AF11 memiliki dampak lingkungan secara keseluruhan paling rendah.dan ramah lingkungan berupa cairan gas parfumed ODP .0.016 GWP 93 ALT 1.5 Tahun Bebas Brom (tidak menghasilkan bromophosgene) CFC gratis (SGS UK) Kesamaan dengan Halocarbons lainnya Agent Eco Clean Agent AF11 adalah: Multi Purpose: A, B, C kelas Kebakaran Agen Bersih: tidak meninggalkan Residu Secara elektrik tidak konduktif dan cairan berupa parfum Kualitas Baru Clean Agent AF11 Ini merupakan bahan isi alat pemadam api ringan pengganti Halon yang dapat digunakan baik sebagai gas banjir total maupun agen streaming untuk digunakan di alat pemadam kebakaran Portable sebagai penurunan 1: 1 Halon (1301 dan 1211).Menjadi Clean Agent AF11. penelitian, pengujian dan analisis kelemahan semua media pemadam kebakaran konvensional seperti perhatian Air, Kue Kering, Busa, Halon dan CO2 difokuskan pada kelemahan mereka, dalam hal reignition, dampak lingkungan serta toksisitas pada manusia, hewan dan tumbuhan.
jenis  apar alat pemadam api ringan  Alat Pemadam Kebakaran Api Clean Agent Ramah Lingkungan "Non Ozone Depleting Solution Berbasis air, biodegradable dan tidak beracun Bersih, tidak memerlukan prosedur pembersihan khusus Dalam bentuk portabel itu efektif pada semua kelas api (Kelas A, B, C, D dan F / K) Mudah digunakan dengan cepat knockdown Memadamkan api, benda membuat yang tidak mudah terbakar, mencegah pengapian ulang Dapat disampaikan dengan sistem penyiraman air atau busa konvensional Cocok untuk digunakan dalam semua tender air atau busa tanpa modifikasi Kepunahan yang cepat tanpa reignition menciptakan rute pelarian yang aman untuk diselamatkan Media yang paling efektif untuk menciptakan pemadaman kebakaran saat melawan kebakaran hutan Cocok untuk tujuan latihan kebakaran Laboratorium Pengujian Clean Agent AF 11 ASTM E84-07, UL723, NFPA255, LC50 LD50 (FDA AS) 1. Portable
jenis  apar alat pemadam api ringan  Alat Pemadam Kebakaran Api Clean Agent AF11 efektif untuk semua kelas kebakaran: - Bahan padat (padat, padat) - B (bahan bakar yang mudah terbakar, tinner, dll) - C (gas, kebakaran listrik, kebakaran berenergi) - D (api logam, api pengoksidasi) Kebakaran Kelas D Kebakaran Kelas D merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium. Kebakaran Jenis Alat Pemadam Api Ringan ini perlu APAR khusus dalam memadamkannya. Clean Agent efektif dalam membakar api, listrik , panel, ruangan server, ruangan panel kabel Umumnya ada 3 kelas kebakaran elektronik Ground Fire Biasanya terbakar pada di bawah permukaan ruangan Permukaan Api Memanfaatkan bahan bakar yang berada di atas ruangan percikan kabel Api Didukung dengan bahan bakar yang terletak di tajuk kabel . Dengan tinju atau mengitari daerah yang ditargetkan dengan Clean Agent AF11 sebagai jalur Fire Break sebelum diriris dan bakar (pembukaan ruangan) atau untuk mencegah penyebaran kebakaran ruangan Untuk ruangan panel listrik tinggi di atas 15m, lebar pemadaman api harus minimal 15m. ruangan (5-10m) membutuhkan garis putus-putus api 5 sampai 10m. Untuk api yang relatif kecil,
jenis  apar alat pemadam api ringan  Alat Pemadam Kebakaran Api Alat pemadam Api clean Agent bisa diarahkan ke titik kebakaran api untuk memadamkan atau menghancurkan konsentrasi api yang memungkinkan Kebakaran besar membutuhkan beberapa sortion untuk melingkari api sehingga membuatnya padam. Cocok untuk - Ground / panel listrik baik di luar ruangan maupun di dalam - Ruangan Server - Gardu kabel Jenis-jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Berdasarkan Bahan pemadam api yang digunakan, jenis  apar alat pemadam api ringan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dapat digolongkan menjadi beberapa Jenis. Diantaranya terdapat 4 jenis APAR yang paling umum digunakan 
Fungsi alat pemadam api ringan
Macam - Macam Ukuran Alat Pemadam Api Ringan APAR dan jenisnya dan fungdsinya , Alat pemadam api ringan portable  merupakan jenis tipe alat pemadam Api Ringan yang sangat cocok untuk digunakan berbagai aplikasi seperti Industri, Gudang, Rumah, Kantor, Restoran, Hotel, Pertambangan, SPBU dll.Alat pemadam api Ringan APARTabung Pemadam Starvvo mempunyai berbagai model dan ukuran seperti alat pemadam kebakaran Portable dan alat pemadam kebakaran Trolley.Jenis Alat pemadam Api Ringan Ukuran APAR Alat Pemadam Kebakaran api ringan portable Merk Starvvo
Memperkenalkan berbagai Jenis Bahan Alat Pemadam Api Ringan APAR dan Alat Proteksi Kebakaran baik skala kecil maupun besar, baik Manual maupun Sistem Otomatis disertai dengan berbagai jenis bahan pemadam yang Anda ketahui, antara lain bubuk kimia kering, CO2, Foam, maupun Gas Cair.
·         Jenis fungsi Alat Pemadam Api Ringan Dry Chemical Powder Fire Extinguisher Powder
·         Jenis fungsi Alat Pemadam Api Ringan Foam Fire Extinguisher
·         Jenis fungsi Alat Pemadam Api Ringan CO2 Fire Extinguisher
·         Jenis fungsi Alat Pemadam Api Ringan Fire Detect Automatic Fire Extinguisher
·         Jenis fungsi Alat Pemadam Api Ringan Thermatic Fire Extinguisher
·         Jenis fungsi Alat Pemadam Api Ringan  Mobile Foam on Trolley
·         Jenis fungsi Alat pemadam api Ringan dan fungsinya untuk dry chemical powder
Macam- Macam Alat Pemadam Api Ringan Jenis dan fungsi   Alat pemadam api media powder memiliki jenis alat pemadam Api Ringan yang berkemampuan untuk memadamkan segala jenis kebakaran, karena alat pemadam api jenis- Jeni media powder akan menghasilkan residu pasca kebakaran, maka penggunaan jenis media powder tidak dapat kita aplikasikan ke sembarang tempat. kesalahan menempatkan jenis media powder pada tempat yang membutuhkan tingkat kebersihan tinggi mengakibkan kerugian yang tidak semestinya. Sebagai contoh pada ruang Entry Data Processor, pada saat terjadi kebakaran pada ruang EDP jika jenis media powder digunakan maka ruang Entry Data Processor akan penuh dengan powder yang berterbangan kemana mana, secara tidak disadari media powder akan masuk ke dalam celah celah server, unit CPU, dan perangkat lain yang ada didalamnya. Jika di ukur kita hanya sebatas memadamkan kebakaran memang benar saat kita menggunakan media powder pada ruang tersebut kebakaran dapat dipadamkan, tetapi efek yang ditimbulkan dapat merusak perlengkapan yang ada, yang perlu dipahami bahwa media powder memiliki efek korosif, hal inilah yang perlu dijadikan pertimbangan. Disamping hal yang sudah dikemukakan diatas setelah menggunakan alat pemadam api media powder karena memiliki dampak kotor maka harus dilakukan pembersihan, pembersihan ini jika kebakaran berada di luar ruangan maka bisa dilakukan penyemprotan dengan air bertekanan. proses ini akan memakan waktu yang tidak sedikit sehingga produktifitas menjadi menurun. Sistem dan media yang tepat untuk memproteksi ruang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar